Jumat, 08 November 2013

8 Manfaat sumber daya air

Jangan salah, air punya banyak banget manfaat loh J harus baca nih ! supaya kalian-kalian tau apa aja manfaat air, dan ga menghamburkan air sembarangan J cekidoott !
                      
Sejak awal kehidupan, mahluk hidup terutama manusia telah memanfaatkan air untuk kelangsungan hidupnya, bahkan mutlak dibutuhkan manusia.  Air adalah salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan, Tidak hanya bagi manusia baik hewan dan tumbuhan  Air merupakan bagian yang paling penting

Seiring dengan pertambahan penduduk dan perkembangan industri, kebutuhan manusia akan air cenderung meningkat. Berikut adalah manfaat sumber daya air sebagai pendukung kehidupan :

1.    Sumber bahan pangan.
Manusia dan hewan dapat memperoleh sumber makanan dari perairan, seperti berbagai jenis ikan, rumput laut, kepiting, udang, kereang dan lainnya.
2.    Prasarana lalu lintas air antar pulau atau antarbenua.
Wilayah yang didominasi oleh perairan sangat bergantung pada lalulintas air, seperti adanya sungai atau laut  inilah hubungan antar wilayah dapat erjalin.
3.    Fungsi energi
Seperti contohnya  pembangkit tenaga listrik. Pergerakan air pasang dan surut dapat menghasilkan energi listrik. Selain itu, arus laut dapat dimanfaatkan ebagai energi pendorong perahu secara alami.
4.    Fungsi rekreasi.
Kondisi pantai, danau, dan lau yang indah dan bersih difungsikan sebagai objek wisata.
5.    Fungsi pengaturan iklim.
Perbedaan sifat fisik air laut dan daeratan dapat memengaruh gereakan udara (angin). Hal ini selanjutnya memanaskan perairan dan mengakibatkan penguapan kemudian turun sebagai hujan.
6.    Tempat usaha perikanan.
Manusia memanfaatkan perairan sebagai usaha perikanan, seperti tambank udang, pengembangbiakan kerang mutiara dan sejenisnya.
7.    Sumber mineral
Seperti contohnya  garam, kalium karbonat, dan sejenisnya
8.    Sumber bahan tambang,
Seperti contohnya minyak bumi, timah, gas alam, dan sejenisnya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar